Selasa, 19 Maret 2013

Hal-Hal Yang Berperan Dalam Pembuatan Game


A. Desainer


 
Designer Dalam pembuatan game sangatlah dibutuhkan . karena Didalam perusahaan kecil maupun besar pasti akan selalu dibutuhkan sebuah team designer.dan  Designer sendiri adalah seorang yang mendesain suatu karya di dalam game, dan biasanya sangatlah ahli dalam pembuatan enviroment,mimik wajah,body dan pakaian yang cocok. dan juga desain(interface)pada sebuah game yang pasti sudah menyentuh langsung inti permainan itu tentang apa. Desainer terdiri dari bagian-bagian,yaitu :
1. Lead Designer
yaitu orang yang berpera dalam mengkoordinasikan designer lainnya dan merupakan visioner utama dari game tersebut. Orang inilah yang dapat mengambil semua keputusan yang berhubungan dalam design sebuah game dan kemungkinan seorang Lead Designer adalah pendiri dari perusahaan tersebut.
2. Game Mechanic Designer
adalah orang yang berperan dalam mendesign dan menyeimbangkan mekanika dari sebuah game.
3. Level Designer/Environment Designer
adalah orang yang bertanggung jawab dalam hal lingkungan(environment), level, dan misi(mission).
4. Writer
dalam bahasa indonesia disebut penulis adalah orang yang berperan dalam pembuatan narasi, dialog, jurnal dalam game, konten dalam game, petunjuk system, dll.

B.Programmer



Seorang game programmer memliki andil yang cukup besar dalam pembuatan sebuah game. hampir setiap pengerjaan elemen dalam sebuah game memerlukan campur tangan seorang programmer. jika seorang composer telah menciptakan music yang indah, seorang artist membuat karakter-karakter dari game, dan seorang designer membuat design visualnya maka seorang programmer melakukan pekerjaannya untuk mengimplementasikan ketiga hal tersebut dalam bentuk program.
Selain tugas diatas, seorang programmer juga bertugas untuk mengatur artificial intelligence dalam sebuah game. hal ini juga merupakan bagian terpenting dalam pembuatan game. AI diimplementasikan dalam bentuk “logic” dalam game, memberikan “intelligence” pada musuh dan mengatur ”strategy system” pada permainan agar game tersebut tidak mudah untuk ditaklukan. Penerapan AI merupakan hal yang paling menantang dalam pembuatan game strategy. Pembuatan game strategy tidak hanya berfokus dengan tujuan “memeras” otak para pemain tetapi juga harus menjaga jalannya logic dari suatu game. biasanya semakin sulit sebuah game untuk ditaklukan, semakin besar tantangan bagi gamer untuk menyelesaikannya.
Penentuan device juga harus dipertimbangkan seorang game programmer. apakah game tersebut dikontrol dengan menggunakan keyboard, mouse, joystick atau device lain. device dilakukan dengan berbagai pertimbangan diantaranya genre dan jenis game. misalnya game puzzle lebih mudah jika menggunakan mouse, sedangkan game adventure lebih mudah jika menggunakan keyboard. Hal yang terpenting adalah pertimbangan kenyamanan gamer.

C. Artist

Bagian ini mengkhususkan diri ke elemen grafik di dalam game baik grafik dua dimensi atau tiga dimensi. Beberapa posisi yang berhubungan dengan art adalah:
a.       Character Artist
b.      Three Dimention Modeller
c.       Texture Artist

D. Composer




 adalah adalah orang yang bertanggung jawab membuat lagu untuk game, yang biasa digunakan sebagai background music atau soundtrack game. Composer bertugas dalam pengisian suara dan bertanggung jawab menentukan music yang akan dimasukkan dalam game. Saat ini background music dari sebuah game sudah dikerjakan oleh professional yang bergerak di bidang music. Dalam team yang dibuat oleh perusahaan kecil ataupun besar seorang composer dapat masuk kedalam sound programmer atau game musician. Composerlah yang bertanggung jawab dalam setiap music yang ada dalam game. Terkadang seseorang dapat menyukai game yang memiliki effect suara yang bagus dan menarik. Composer terbagi menjadi beberapa bagian yaitu : Voice Over dan Sound Effects.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar